Portal Informasi UMKM Kabupaten Probolinggo

Jumat, 11 Juni 2010

PANDE BESI LUMBANG


PANDAI besi di Desa Tandun Sentul, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, boleh dikata bekerja dengan naluri. Mereka menyesuaikan produksinya dengan situasi pasar. Misalnya, saat petani turun ke sawah, maka produksi yang diutamakan adalah perkakas untuk pertanian, seperti cangkul, sekop, sabit, dan garu.

Uniknya, selain sebagai pandai besi, mereka juga petani. Mereka tahu mengatur waktu kapan saatnya harus bertani, dan kapan saatnya berada di dapur pembakaran besi menjadi pandai besi. Tentu saja sebagai petani tradisional mereka membuat perkakas bertani untuk keperluan diri sendiri.

Salah satu hasil produksi perkakas pertanian yang terkenal dari Desa ini adalah sekop/pacul yang kualitasnya tak kalah dengan barang impor buatan Cina atau Taiwan. Kuat dan tangguh serta bentuknya disesuaikan dengan keinginan para petani Lumbang dan daerah sekitarnya. Karena kualitasnya dan banyak dicari oleh petani maka Wagito (40) pembuatnya berani menjaga kulaitas produknya . Selain sekop, Wagito juga membuat cangkul, garu, sabit, dan berbagai perkakas bertani tradisional lainnya.
Meski produknya bermutu dan pasarnya luas, namun usaha itu nampak sulit berkembang karena keterbatasan teknologi dan modal.

Wagito memang harus bekerja dengan naluri. Artinya kalau akan musim sawah, mereka pasti membuat perkakas besi untuk bertani padi. Kalau akan memasuki makmeugang (hari memotong bulan puasa), mereka membuat pisau dan parang. Pokoknya, produk mereka disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Meskipun begitu tetap ada spesialisasi produk karena sudah dikenal mutunya.


Pemasaran produknya juga tidak sulit karena hampir semua perkakas besi untuk bertani dan perkakas rumah tangga sudah lama terkenal karena mutunya itu. Para pedagang setiap hari datang membeli berbagai perkakas dan kemudian menjualnya lagi ke pengecer toko atau kedai berbagai kota dan desa hampir seluruh Probolinggo

Tak jarang pada musim bertani atau sedang ada pameran kesenian, para pedagang lebih dulu memesannya dalam jumlah besar dengan pembayaran di muka. Pesanan dalam jumlah besar, misalnya, untuk souvenir, rencong, pedang , pisau, dan perkakas rumah tangga.

0 komentar:

Poskan Komentar

: : Frontliner


Nikmati layanan chating online interaktif dengan frontliner BromoTelecenter, melalui media Yahoo Messenger/pingbox, atau chating online melalui internal website resmi BromoTelecenter.